Home Berita News SEKARANG MENERIMA ASURANSI GARDA MEDIKA
SEKARANG MENERIMA ASURANSI GARDA MEDIKA PDF Print
Wednesday, 24 February 2010 09:33
  
Taufan Hanantoro, Provider Management Garda Medika mensosialisasikan beberapa peraturan kepada pihak RSI SA yang diwakili oleh bagian keuangan, perawatan dan customer service.  
  
Petugas pendaftaran dan CS RSI SA mendapatkan training singkatbagaimana menggunakan mesin EDC yang akan digunakan untuk proses klaim dan pendaftaran. 

Pemegang kartu asuransi astra buana atau yang lebih dikenal dengan asuransi garda medika kini tak perlu bingung lagi untuk mencari layanan kesehatan khususnya yang berada di Jawa Tengah atau khususnya di Semarang dan sekitarnya. Karena mulai saat ini, RSI Sultan Agung Semarang (RSI SA) bisa menerima pasien yang memegang kartu asuransi garda medika.

Bagi pemegang asuransi yang memegang kartu garda medika, sebelum menggunakan jasa layanan kesehtan yang ada di RSI SA, setiap peserta asuransi diwajibkan membawa kartu peserta garda medika yang masih berlaku dan dilengkapi identitas diri,baik berupa paspor, KTP dan tanda pengenal lainnya. Setelah melengkapi beberapa persyaratan tersebut, pemegang kartu garda medika bisa menuju ke counter asuransi dan pendaftaran dan selanjutnya menuju poli untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. 

Proses pendaftaran bagi pasien garda medika tersebut disampaikan oleh provider management garda medika, B.V Taufan Hanantoro saat sosialisasi asuransi garda medika di Gedung Teaching Hospital, Selasa (23-2). Meski demikian jika di dalam keadaan force majeure (gawat darurat) seorang pasien yang memegang garda medika berhak untuk mendapatkan perawatan terlebih dahulu sebelum melengkapi administrasi kelengkapan asuransi garda medika. "Dalam keadaan gawat darurat, walau tidak membawa kartu peserta, atau kartu jaminan, peserta garda medika berhak mendapatkan perawatan untuk mengatasi kegawatdaruratan" tegasnya.

Taufan melanjutkan, mengenai lingkup pelayanan kesehatan di RSI SA meliputi konsultasi Dokter Umum, dokter gigi, dokter spesialis, rawat inap, persalinan dan pelayanan kesehatan lain seperti pemeriksaan laboratorium, radiologi dan asuhan keperawatan lain.

Meski membolehkan berbagai layanan kesehatan di RSI SA, Taufan juga memperingatkan bahwa di dalam beberapa kasus, ada beberapa hal yang tidak menjadi tangguangan asuransi garda medika. Diantaranya adalah keadaan yang berhubungan dengantindakan imunisasi dan vaksinasi. Di dalam keadaan persalinan, dimana seseorang pasien meminta aborsi tanpa indikasi medis,pengujian atau pengobatan impotensi, program bayi tabung, asuransi garda medika juga tidak memberikan jaminan.

"Hal itu juga berlaku untuk semua metode mekanis, dan kimiawi untuk pengaturan kelahiran, sterilisasi misalnya tubektomi ,vasektomi" tandas pria kelahiran Solo dan tapi lama di Jakarta.

Di akhir acara sosialisasi, petugas asuransi dan pendaftaran RSI SA mendapatkan training singkat menggunakan mesin EDC yang digunakan untuk proses administrasi dan klaim asuransi Garda Medika.