2 hal ini akan membantu kita kurangi karena gastritis

Akreditasi RS Pendidikan Utama RSI Sultan Agung
April 12, 2019
Menangkal persebaran infeksi aliran darah primer di Rumah Sakit
April 21, 2019
Show all

Kita mengenal kopi, teh, makanan pedas dan sayuran kol sebagai pencetus gastritis atau inflamasi (peradangan) dalam perut. Tepatnya, suatu keadaan peradangan mukosa lambung yang bersifat akut, kronis dan lokal.

Selain makanan, obat-obatan yang kita konsumsi juga bisa akibatkan gastritis. Seperti OAINS (Indomestasin, Ibuprofen dan Asam Salisilat), Sulfonamide, Steroid, Kokain, agen kemoterapi, Salisilat dsb. Stress fisik karena luka bakar, sepsis, trauma pembedahan, gagal nafas dan ginjal dsb.

Awal dari gastritis ini berupa nyeri ulu hati atau pada perut bagian atas, mual, kembung, muntah dan hilang nafsu makan. Ada pula kasus perdarahan saluran cerna yang disusul anemia pasca perdarahan.

Dengan penanganan yang tepat, gastritis bisa dihindari dengan menghindari pemicu terjadinya keluhan dengan makan tepat waktu dan seringlah makan dengan porsi kecil.

Dari sisi farmakologi, atau pengobatan. Gastritis bisa ditanggulangi dengan pemberian Antasida dengan dosis sebanyak 3 x 500 s.d 1000miligram per hari. Obat ini punya 2 bentuk sediaan yaitu antasida DOEN I dan DOEN II.

.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *