Empat pilar gizi seimbang

rentan tuli
Pekerja proyek rentan tuli
April 21, 2015
Hindari “kekerasan” hadapi anak susah makan
April 21, 2015
Show all

Rasanya tiap hari kita sudah mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak dan bervariasi. Mulai dari sayur-sayuran, daging, makanan berkarbohidrat dan semacamnya. Namun, apakah itu semua sudah mencukupi keseimbangan gizi dalam tubuh kita ? Belum tentu. Karena untuk mengukur seimbang atau tidaknya, kita butuh metode tersendiri.

“Untuk orang dewasa biasanya memakai Indeks Massa Tubuh (IMT). Yaitu hasil pembagian Berat Badan (dalam KG) dengan Tinggi Badan (dalam meter). Bila hasilnya dalam rentang 18.5 s.d 25, maka hasilnya normal.” jelas Ahli Gizi dari RSI Sultan Agung, Sani Rahmawati, S.Gz beberapa waktu lalu.

Mempertahankan BB normal merupakan salah satu dari empat pilar gizi seimbang. Tiga pilar lainnya adalah mengkonsumsi pangan beraneka ragam, membiasakan perilaku hidup bersih dan melakukan aktivitas fisik.

Empat pilar gizi seimbang, dikatakan oleh Sani, merupakan paradigma baru dari empat sehat lima sempurna (4S5S) yang sudah lebih dahulu dikenal.

“Perbedaanya, 4S5S hanya mencantumkan jumlah yang harus dimakan dalam sehari. Sementara empat pilar gizi seimbang mencakup bagaimana memenuhi proporsi gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh” pungkasnya.

 

Comments are closed.