Bagaimana mengatasi anak yang suka memilih-milih makanan ?

Sentuhan kasih sayang pada anak yang sulit makan
October 31, 2017
Program diet yang baik bagi usia sekolah
November 7, 2017
Show all

Banyak sekali kesulitan yang dihadapi oleh orang tua saat mengajak buah hatinya untuk menggemari makanan. Salah satunya picky eater. “Picky eater merupakan kebiasaan memilih dan memilah makanan yang biasanya dilakukan oleh anak-anak” kata Anis Sulistyowati, Ssc, M.Gz, Akp dari Promina saat Seminar dan Workshop kader se-kota Semarang “Mengatasi Kesulitan Makan pada Anak” belum lama ini.

Bagaimana cara menghindari picky eater pada anak ?  Pertama, orang tua harus berani melakukan eksperimen pada makanan dengan memvariasikan rasa, jenis, bentuk dan penyajian yang diberikan secara berulang. Kedua, agar anak menghargai makanan, orang tua bisa melibatkan anak-anak dalam proses penyiapan makannya.

Ketiga, Jangan sekali-kali melakukan pemaksaan dalam memberi makan  anak, karena meskipun mungkin bisa menjadi solusi cepat jangka pendek, namun bisa membuat anak merasa tidak nyaman. Keempat, berikan makan pada anak dengan riang gembira dan kasih sayang, seperti melalui kontak mata (eye contact) dan bisa juga dengan mencarikan teman sebaya atau makan bersama orang tua di meja makan.

“Pola makan dan pilihan makanan anak-anak sangat dipengaruhi oleh makanan yang disediakan orang tua mereka di rumah. Untuk itu, cara terbaik untuk mendorong anak-anak mau makan makanan yang sehat adalah dengan memberi contoh yang baik kepada mereka” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *