Beasiswa UPZ bagi pelajar dhuafa

Menggali nilai-nilai kehebatan Al Qur’an
June 24, 2016
Kiat bugar selama mudik
June 30, 2016
Show all

IMG_0357Bocah kecil yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) itu bergegas berlari ke depan. Setelah mendapatkan arahan dari pembawa acara, bocah manis berjilbab pink itu lantas menerima beasiswa dan tas yang isinya peralatan sekolah. Senyum manis pun tersungging di bibirnya.

Ya, Dia bersama dengan 104 pelajar lainnya hari Jum’at (24/6) mendapatkan beasiswa. Dari 104 pelajar, jika dirinci ada 45 pelajar SD yang menerima masing-masing Rp480 ribu ; 45 siswa SMP yang masing-masing menerima Rp 660 ribu dan SMA yang menerima masing-masing Rp 780 ribu.

Ketua Unit Pengumpul Zakat RSI Sultan Agung, H. Samsudin Salim, S.Ag, M.Ag mengatakan, program beasiswa ini adalah salah satu penyaluran dana yang dikumpulkan dari gaji para karyawan. Sebagaimana diketahui,UPZ merupakan media yang menjadi tempat penyaluran Zakat , Infaq dan Shodaqoh (ZIS) karyawan RSI Sultan Agung. Nah, pemberian beasiswa bagi pelajar  merupakan salah satu program UPZ yang rutin diselenggarakan setiap Ramadhan.

Penerima beasiswa merupakan siswa yang terbaik dalam nilai akademisnya. “Rata-rata mereka mendapatkan nilai 7 s.d 8 untuk setiap mata pelajaran. Itu adalah salah satu syarat utama bagi siswa peraih beasiswa” ujar H. Samsudin Salim.

Sementara itu, para pelajar SMP dan SMA peraih beasiswa dikumpulkan dalam Jumbara (jumpa gembira). Dalam sesi itu, pelajar SMP dan SMA dibekali dengan beberapa materi yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti cuci tangan yang merupakan bagian Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan pengenalan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.