Begini membedakan kista, tumor dan kanker

Menjaga prostat supaya tetap sehat
April 17, 2018
Khitanan massal di Pemkot Semarang
April 23, 2018
Show all

Kista, tumor dan kanker. Ketiganya seringkali mebuat kita terkecoh. Karena dianggap sama. Sejatinya ketiganya punya karakteristik yang berbeda. Pertama, kista. Kista adalah rongga patologis yang biasanya berdinding jaringan ikat dan berisi cairan kental atau semi likuid kisat. Kista ini dapat berada di dalam jaringan lunak ataupun keras seperti tulang.

Pada wanita, kista yang kerap terjadi, tumbuh di ovarium.Cairan yang mengisi kista sebagian besar berupa darah yang keluar akibat perlukaan yang terjadi pada pembuluh darah kecil ovarium. Pada beberapa kasus, kista dapat pula diisi oleh jaringan abnormal tubuh seperti rambut dan gigi.

Kedua, tumor. Adalah benjolan atau pembengkakan. Jadi setiap benjolan yang abnormal pada tubuh kita bisa disebut tumor. Tanpa membedakan jinak atau ganas. Tetapi, dalam edisi, tumor dipahami sebagai pertumbuhan sel yang bersifat jinak. Tumor ini tidak menyebar namun bertumbuh di satu tempat dan terus membesar.

Terakhir adalah kanker. Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel tak terkendali dan menyerang jaringan biologis lainnya. Pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis).
Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *