Konsumsi gula berlebihan sebabkan penyakit ini

Bersikap kepada anak sesuai masa pertumbuhannya
April 25, 2019
Pemenuhan kebutuhan air saat berpuasa
April 28, 2019
Show all

Jika kita mengkonsumsi gula melampaui kebutuhan akan berdampak pada peningkatan berat badan. Dalam waktu lama lebih ngeri lagi dampaknya dalam tubuh kita. Bisa berdampak terjadinya diabetes type 2. Bahkan resiko penyakit seperti oestoporosis, jantung dan kanker.

Kita tidak hanya mengenal gula dari tanaman tebu, gula aren dan jagung. Tapi perlu diingat kandungan gula juga terdapat dalam makanan lain yang kandungan karbohidratnya sederhana (tepung, roti dan kecap). Buah manis, jus serta minuman bersoda.

Menurut peraturan menteri kesehatan no 30 tahun 2013 dijelaskan konsumsi gula lebih 50 gram atau setara 4 sendok makan bisa tingkatkan resiko penyakit diatas.

Yang perlu kita lakukan adalah mengurangi secara perlahan penggunaan gula, baik pada minuman teh, kopi ataupun saat membubuhkan pada makanan. Bisa diganti dengan madu sebagai alternatif gula.

Batasi minuman bersoda, ganti makanan penutup dessert yang manis dengan buah atau sayuran.

Masyarakat perlu diberikan pendidikan membaca label pangan, mengetahui pangan rendah gula, garam dan lemak. Di lain pihak para pengusahan pangan olahan diwajibkan mencantumkan informasi nilai gizi pada label pangan agar masyarakat bisa memilih sesuai kebutuhan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *