Bersikap kepada anak sesuai masa pertumbuhannya

Menangkal persebaran infeksi aliran darah primer di Rumah Sakit
April 21, 2019
Konsumsi gula berlebihan sebabkan penyakit ini
April 25, 2019
Show all

Pertumbuhan anak adalah perubahan dalam jumlah hal besar, ukuran yang bisa diukur dengan berat dan panjang. Sementara perkembangan merupakan bertambahnya kemampuan, ketrampilan dan fungsi tubuh.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Keturunan sebagai modal dasar dalam pertumbuhan dan perkembangan anak ; Internal yang meliputi hormon ; eksternal yang mencakup kebudayaan, kebiasaan, status nutrisi, status sosial ekonomi dan peran orang tua

Para ahli perkembangan anak mengkategorikan perkembangan anak di usia 0 s.d 1 tahun sebagai antara percaya versus tidak percaya. Anak akan merasa nyaman dan terlindungi di dalam kehidupannya. Gagal jika merasa takut dan yakin bahwa lingkungan tidak akan memberikan kenyamanan.

Usia 1 s.d 3 tahun anak cenderung aktif dalam segala hal, sehingga orang tua dianjurkan untuk tidak terlalu membatasi ruang gerak serta kemandirian anak. Yang perlu diperhatikan : jangan sampai anak bertindak sesuai yang dia inginkan tanpa memperhatkan baik atau buruk tindakan tersebut.

Berlanjut usia 4 s.d 5 tahun. Anak mulai berinteraksi dengan lingkungan sekitar sehingga menimbulkan rasa ingin tahu segala hal yang dilihatnya. Ditandai dengan banyak inisiatif dan rasa ingin tahu.

Anak mulai keluar lingkungan keluarga sampai sekolah sehingga semua aspek punya peran. Orang tua dalam hal ini harus menjalankan peran untuk mendorong, memberi perhatian. Lingkungan sekitar juga diharapkan mampu menerima kehadirannya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.