Etika berkomunikasi petugas di Rumah Sakit

Psoriasis penyakit autoimun yang bersifat kronik.
March 5, 2019
Etika berkomunikasi petugas RS saat hadapi komplain
March 10, 2019
Show all

Hidup kita ini ternyata banyak sekali ditentukan oleh bagaimana kita menggunakan mulut kita. 70 % hidup manusia dihabiskan untuk komunikasi. Kualitas hidup mausia banyak ditentukan oleh bagaimana kemampuan berkomunikasi dengan sesama.

Bagi petugas di Rumah Sakit (RS), komunikasi menjadi kunci keberhasilan peningkatan kualitas pasien. Praktisi komunikasi yang melakukan survei, berpendapat pasien sering mengeluhkan beberapa sikap petugas RS yang sering meremehkan, tidak tanggap atas keluhan pasien ; kurang informatif dalam menjelaskan ; bahasa tubuh yang menjengkelkan ; kurang respect : kata kata yang kasar atau meremehkan ; tidak ada kontak mata, acuh-tak acuh.

Pada intinya, kurang empati, tidak sabar dan tidak menjadi pendengar yang baik.

Komunikasi dimaknai sebagai proses perpindahan perasaan, ide, dan pikiran seseorang individu ke individu atau sekumpulan individu yang lain. Petugas terutama front office wajib menyampaikan isi pesan atau komunikasi dengan jelas, terbaca. Baik saat bertemu atau face to face atau dalam bentuk tulisan. Perhatikan nada suara, intonasi, nada suara, intonasi, tempo, volume yang disertai dengan ekspresi wajah dan suasana hati.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *