Hindari ini bila ingin puasamu maksimal

Ramadhan, bersihkan hati dan diri dengan berbagi
May 19, 2017
Simulasi kebakaran di RSI Sultan Agung
May 24, 2017
Show all
Bagi umat muslim, puasa adalah ibadah yang rutin kita lakukan setiap tahunnya. Utamanya di bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan kita hadapi. Tapi sayang sekali ada beberapa hal kebiasaan yang sebenarnya kurang baik jika diterapkan selama puasa.
Beberapa kebiasaan itu dibeberkan oleh dokter spesialis penyakit dalam RSI Sultan Agung, Erwin Budi Cahyono dalam sosialisasi kesehatan “sehat menyambut bulan suci” kerjasama BPJS Kesehatan dan RSI Sultan Agung di klinik Dokter Keluarga dr. Sri Mugiarti belum lama ini.
Lantas, apa saja kebiasaan buruk itu ?
Pertama,saat sahur, banyak dari sebagian kita yang mengkonsumsi kopi supaya tidak mengantuk. Padahal jenis minuman kopi dan teh, kata Erwin bisa memicu rasa haus. “Dua jenis minuman tadi membuat metabolisme berjalan cepat sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tidak sampai menimbulkan dehidrasi” ujarnya. Ini, lanjut Erwin bisa merugikan orang yang sedang berpuasa.
Kedua, ketika berpuasa seseorang cenderung untuk minum es. Kebiasaan inipun, kata Erwin juga sebaiknya dihindari. “Minuman dingin atau es memudahkan Anda kenyang. Sehingga membuat asupan makanan bergizi tidak lengkap dan tidak bisa masuk kedalam tubuh.” lanjutnya.
Makanan yang banyak mengandung gula atau manis, saran Erwin juga sebaiknya dihindari. “Gula atau makanan manis adalah makanan yang lebih cepat dicerna hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya” sarannya.
Sebagai gantinya, ketika berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. “Konsumsi kurma, cepat gantikan kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama berpuasa ” paparnya.
Perhatikan pola makan dan istirahat
Agar dapat maksimal ketika berpuasa, Erwin menganjurkan untuk memperhatikan makanan saat sahur. “Saat sahur, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya : gandum, padi–padian, kacang-kacangan, biji–bijian dan nasi merah” himbaunya.
Terakhir, Erwin meminta untuk memperhatikan pola istirahat. “Jika memungkinkan istirahatlah di awal siang untuk mengumpulkan energi dan terhindar dari sinar matahari yang bisa mengakibatkan dehidrasi” pungkasnya.
Setelah makan sahur, Erwin meminta untuk tidak langsung tidur karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *