Ikhtiar RSI Sultan Agung jamin kehalalan linen pasien dengan SJH

Tingkatkan kompetensi untuk peluang kerja lebih mudah
October 11, 2017
RSUD minati konsep syariah pelayanan kesehatan
October 16, 2017
Show all

Pelayanan linen di rumah sakit (rs) dilakukan di instalasi laundry. Nah, bagi rs yang memegang prinsip syariah seperti RSI Sultan Agung, keberadaan laundry sangatlah vital karena menyangkut sistem jaminan halal.

Agar pasien terjamin kehalalannya yang memakai linen, unit laundry RSI Sultan Agung di audit sistem jaminan halal (sjh) oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) belum lama ini.

“Laundry kita berprinsip suci , bersih dan lembut. Jadi tidak sekadar bersih, melainkan sesuai dengan prinsip halal” tegas Dirut dr. H. Masyhudi AM, M.Kes dalam sambutannya.

Untuk tersertifikasi syariah, pihaknya sudah menerapkan standar yang diminta oleh LPPOM MUI. Seperti pemakaian bahan chemical laundry adalah bahan yang tersertifikasi halal oleh LPPOM MUI. “Itu juga meliputi penambahan atau penggantian bahan harus dilaporkan dan disetujui oleh LPPOM MUI. Data bahan chemical laundry juga harus diinput dalam program CEROL (certificate online)” lanjutnya.

Setelah mendengarkan paparan dari dr H. Masyhudi , AM, M.Kes tim dari LPPOM MUI bergegas menuju ke unit laundry untuk melihat secara langsung proses pencucian linen yang suci, bersih dan halal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *