Sajikan makanan dengan kartun anak
January 4, 2016
Ganti fogging dengan 3 M Plus
January 7, 2016
Show all

Pemeriksaan-Toksoplasma-pada-Ibu-Hamil-dan-Biaya-Tes-Torch1Mulai sekarang berhati-hatilah bila memelihara kucing di rumah. Karena tinja dari kucing merupakan tempat berdiamnya protozoa gondil. Jenis protozoa bisa mengakibatkan keguguran janin atau bayi dengan maslaah kesehatan seperti kelainan konginental, pembesaran hati dan limpa.

“Infeksi toksoplasma dapat bersifat tunggal atau dalam kombinasi dengan infeksi lain dari golongan Toxoplasma gondii (toxo), Rubella, Cyto Megalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) and other diseases (TORCH)” ujar kepala bagian V.K , Novida. Disamping kotoran, protozoa toxoplasma gondil juga terdapat dalam sayuran mentah, daging setengah matang dan binatang yang terinfeksi.

Gejala infeksi protozoa toksoplasma memang tidak kasat mata. Diawal infeksi, banyak yang mengatakan mirip dengan gejala flu seperti demam gampang lelah. Ciri lain adalah pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, penglihatan mata menjadi kabur.

Meski demikian, jika ada indikasi tersebut ibu hamil akan direkomendasikan untuk diperiksa igB dan igM terhadap infeksi toksoplasma. “Dari hasil tes tersebut, dokter akan memberikan advice untuk penanganan lebih lanjut” ujar Novida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *