Jenis anemia ini sering terjadi pada ibu hamil. Mana yang berbahaya ?

Siswa SMK belajar prosedur lab PA
July 15, 2019
Pengumuman Hasil Tes Administrasi Penerimaan Pegawai Bagian Keperawatan RSI Sultan Agung
July 18, 2019
Show all

Anemia adalah kondisi kehilangan komponen darah. Anemia memberikan dampak saat kehamilan, persalinan maupun saat mas nifas. Berikut ini jenis anemia yang sering melanda ibu hamil : 

  1. Jenis Defisiensi
    Ini yang sering di jumpai. Penyebabnya kekurangan atau kelebihan zat besi. Keperluan zat besi itu sendiri untuk wanita tidak hamil 12 mg, wanita hamil dan menyusui 17 mg. 
  2. Megaloblastik
    Gejala anemia yang di tandai oleh adanya sel megaloblast dalam sumsum tulang. Anemia ini karena kekurangan vitamin B12, asam folat dan ganguan sintesis DNA. 
    Memberikan asam folik dan suntikan dengan dosis yang sama. 
  3. Hipoplastik
    Terjadi pada wanita hamil yang di karenakan sumsum tulang kurang mampu membuat sel-sel darah baru. Para praktisi kesehatan menduga, penyebabnya sinar rontgen, racun atau obat-obatan. 
  4. Hemolitik
    Wanita dengan anemia hemolitik sukar menjadi hamil, apabila hamil, maka anemianya menjadi lebih berat di sebabkan karena penghancur sel darah merah berlangsung lebih cepat dari pembutaanya. 
    Transfusi darah yang kadang-kadang di ulang beberapa kali, di perlukan pada anemia berat untuk meringankan penderitaaan ibu dan untuk mengurangi bahaya hipoksia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.