Kenali berbagai profesi di Rumah Sakit, TK Islam Hidayatullah kunjungi RSI Sultan Agung

SMK Donohudan Boyolali Kenali Layanan RS Syariah di RSI Sultan Agung Semarang
September 12, 2019
Pengumuman Hasil Tes Wawancara Direksi Penerimaan Pegawai Bagian Keperawatan RSI Sultan Agung
September 18, 2019
Show all

 

 

Ada yang berbeda pada kegiatan Hospital Touring hari Kamis (12/9) di RSI Sultan Agung Semarang. Jika biasanya peserta hospital touring adalah siswa siswi SMA/K, Mahasiswa, karyawan atau komunitas, kali ini adalah rombongan anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang.  Berseragam warna hijau dengan penuh keceriaan, sebanyak 100 anak-anak TK A dan TK B didampingi oleh para guru disambut hangat oleh bagian Humas RSI Sultan Agung.

“Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh adik-adik, selamat datang di Rumah Sakit Islam Sultan Agung”, sapa Muhammad Chanif Miftahuddin Humas RSI Sultan Agung disambut teriakan gembira oleh anak-anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak segala profesi yang ada di Rumah Sakit, khususnya di RSI Sultan Agung. Tidak hanya dokter, di rumah sakit juga ada perawat, petugas administrasi, petugas rohani, apoteker, ahli gizi, dan sebagainya. Mereka juga diberikan pengertian bahwa Rumah Sakit bukanlah tempat yang menakutkan, jadi tidak ada yang perlu ditakutkan.

“Semua dokter disini semuanya baik, kakak-kakak perawatnya pun juga ramah-ramah dan siap memberikan perawatan agar yang sakit bisa segera sembuh, jadi tidak ada yang perlu ditakutkan”, ujar Chanif. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi media pembelajaran anak-anak untuk senantiasa bersyukur atas nikmat kesehatan yang telah Allah SWT berikan.

Setelah mendapatkan materi, anak-anak pun mulai diajak berkeliling melihat secara langsung pelayanan dan menyapa petugas, dokter, maupun perawat di RSI Sultan Agung. Rute kelilingnya meliputi klinik gigi, klinik mata, dan rehab medik. Anak-anak yang mulanya ragu dan sedikit ketakutan mengetahui bahwa mereka sedang berada di klinik gigi pun seketika berubah ceria setelah mendapatkan penjelasan dari para perawat gigi dan bergiliran merasakan duduk di kursi perawatan gigi.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan anak-anak terhadap dunia kesehatan termasuk profesi-profesi di Rumah Sakit. Juga diharapkan dapat mengurangi stigma negatif anak-anak terhadap Rumah Sakit. Terakhir sebelum berpisah para guru tak lupa mnyempatkan untuk berfoto bersama dan memberikan kenang-kenangan atas kunjungan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Tetap ceria dan sehat selalu ya adik-adik calon penerus bangsa yang sholih dan sholihah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.