Kenali kanker dari tanda-tanda berikut

Awas jamur di musim penghujan
December 7, 2015
Apoteker diminta lebih perhatian kepada pasien
December 15, 2015
Show all

Lagi-lagi tentang kanker. Ya penyakit ini merupakan momok bagi siapapapun. Kanker adalah penyakit yang penyebabnya belum atau tidak diketahui secara pasti. Jadi, siapa saja baik itu tua, muda, pria atau wanita semua berpeluang sama terkena kanker.

“Ada beberapa hal yang bisa dikatakan pencetus kanker. Yakni lingkungan tempat dimana Ia berada, keturunan, virus dan yang paling banyak sering terjadi kekeliruan pola makan” ujar dr Nurita Fitriana disaat peringatan world cancer day beberapa waktu lalu di RSI Sultan Agung

Terbentuknya kanker menurut dr Nurita Fitriana juga membutuhkan waktu yang lama bahkan bertahun-tahun. Meski demikian, gejala kanker sebenarnya bisa dikenali dengan munculnya beberapa benjolan yang muncul di beberapa tempat tertentu.

“Rerata kanker membutuhkan proses 15 s.d 25 tahun dan melewati tiga proses. Yakni proses inisiasi, promosi dan progresi” jelasnya.

Ciri lain yang menurut dr Nurita Fitriana harus diwaspadai sebagai gejala kanker adalah mengalami Buang Air Besar (BAB) yang tidak teratur dan tidak tuntas namun berat badan  terus menerus turun drastis.

“Bila ada gejala tersebut, coba amati feses yang dikeluarkan. Biasanya penderita kanker warna fesesnya kehitam-hitaman dan berlendir” lanjut dr Nurita Fitriana. Gejala lain yang menyertai antara lain batuk kering tapi bukan tubercolosis, imunitas atau kekebalan tubuh melemah, demam tanpa sebab dsb.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.