Lancar melahirkan dengan mengenali tanda-tandanya

Mengendalikan fatty liver supaya tidak memburuk
June 27, 2019
Cantik sesuai syariat diri dan Illahi
June 28, 2019
Show all

Kehamilan adalah anugerah bagi pasutri. Menanti kelahiran sang buah hati menjadi sesuatu hal yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui bagi para calon ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan.

Kenaikan berat badan

Saat hamil, ibu akan alami kenaikan berat badan. Berat Badan (BB) selama kehamilan idealnya berkisar antara 11 s.d 12 kilogram. Jika BB sebelum hamil tergolong underweight maka kenaikan BB selama hamil bisa antara 12 s.d 15 kg. Jika BB sebelum hamil adalah overweight atau obesitas , kenaikan BB selama hamil disarankan tidak sampai 10 kg. 

Supaya teratur, kenaikan BB dan tidak terjadi berlebihan, maka diperlukan pengaturan gizi selama kehamilan. Yaitu gizi yang lengkap, bervariasi dan dengan jumlah sesuai kebutuhan.

Perkiraan BB janin yang sudah overweight pada usia kehamilan 36 minggu, maka ibu bisa mengatur konsumsi gizinya supaya sedikit lebih karbohidrat, kurangi zat gula dan memperbanyak sayuran, buah dan minum air putih. 

Tanda-tanda persalinan yang perlu dicermati 

  • Kontraksi atau kenceng-kenceng. Mules ditandai dengan mengerasnya perut bagian atas secara teratur dan periodik. Bila kontraksi sudah timbul tiap 5 s.d 10 menit sekali, maka sebaiknya segera ke RS. 
  • Keluar air ketuban. Cirinya warna jernih atau agak putih. Berbau khas. Tidak berbau pesing. Keluar bukan dari saluran kencing dan tidak bisa ditahan.
  • Keluar lendir darah. Lebih waspada adalah darah segar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.