KJS RSI Sultan Agung

D i Indonesia, penyakit jantung adalah salah satu "pembunuh" yang menduduki peringkat teratas. Setidaknya menurut versi Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan.

“Data dikumpulkan dari sampel yang mewakili Indonesia, meliputi 41.590 kematian sepanjang 2014, dan pada semua kematian itu dilakukan autopsi verbal, sesuai pedoman Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara real time oleh dokter dan petugas terlatih,” tulis Tjandra Yoga beberapa waktu lalu seperti dalam sebuah rilis.

Penyakit jantung dipicu faktor gaya hidup seperti gemar konsumsi makanan junk food dan jarang berolahraga.

Dua faktor itu bisa dicegah. Prinsipnya dilakukan dengan bersungguh-sungguh dan bersama-sama. Prinsip itu kami sadari sepenuh hati. Di sinilah kami terdorong membentuk Komunitas Jantung Sehat (KJS) yang rutin mengadakan olahraga, talkshow terkini dengan tema kesehatan jantung dan piknik.

Senam jantung sehat memiliki sifat terarah, terukur, dan teratur. Agar mendapatkan hasil maksimal, idealnya dilakukan tiga kali dalam seminggu dan benar-benar mengikuti gerakan dari  instruktur secara bersungguh-sungguh. Di KJS RSI Sultan Agung, senam diadakan setiap hari Selasa mulai pukul 07.00 WIB.

Oh iya, selain senam. KJS RSI Sultan Agung menghadirkan dokter-dokter spesialis jantung untuk menjadi narasumber. Update informasi ini diperlukan supaya penderita jantung mengetahui tips-tips terkini. Ini sangat penting. Karena di era modern, ilmu kesehatan semakin berkembang. Jika kita bisa mengikuti tips sehat terkini, insya Allah kualitas hidup meningkat.