Konsumsi buah-buahan sebaiknya sebelum makan

Metode kanguru jitu tekan kematian bayi
February 5, 2016
Beberapa makanan pemicu dyspepsia
February 12, 2016
Show all

Masihkah kita mengkonsumsi buah-buahan setelah kita makan besar ? Jika jawabannya “iya” maka mulai sekarang ubah kebiasaan tersebut. Sebab apa ? Karena buah-buahan mengandung gula sederhana yang mudah dicerna dan membutuhkan waktu “hanya” kurang dari setengah jam untuk dicerna.

Sementara makanan lain, yang mengandung karbohidrat , protein dan lemak memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna dan akan tinggal di lambung untuk jangka waktu lama. “Jadi, kalau kita makan buah setelah makan besar, buah akan bercampur dengan apa yang kita makan sebelumnya. Hal ini menyebabkan buah akan terfermentasi dan kehilangan gizinya. Yang lebih parah, buah akan membusuk saat menunggu untuk dicerna bersama makanan lainnya” ujar Mujib, dari bagian perawat RSI Sultan Agung.

Lantas, kapan kita sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan ? “Beberapa pakar kesehatan mengatakan, sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan saat perut kosong. Atau setidaknya 20 menit sebelum makan besar.

Mengkonsumsi buah-buahan saat perut kosong juga dapat menghindari perut kembung. “Proses fermentasi buah-buahan dan makanan yang bercampur bisa sebabkan perut kembung. Sebisa mungkin kita menjauhinya” pungkas Mujib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.