Langkah tepat penanganan diare pada anak di rumah

Suntik insulin tidak selalu berdampak berat diabetisi
March 11, 2019
Yang perlu kita lakukan untuk hindari penyakit kulit autoimun
March 15, 2019
Show all

Buang Air Besar (BAB) yang berupa lembek atau cair dengan frekuensi 3 kali lebih sering melebihi 24 jam didefinisikan sebagai diare. Diare ini, asalkan penanganan tepat, penderitanya dapat sembuh secara total. Di rumah, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan jika mendapati anak kita terkena diare. Pertama, berikan anak lebih banyak cairan daripada biasanya. Fungsinya cegah dehidrasi. Gunakan cairan rumah tangga yang dianjurkan, seperti oralit, makanan yang cair (seperti sup, air tajin) dan kalau tidak ada air matang. Bisa digunakan larutan oralit untuk anak. Teruskan pemberian larutan ini hingga diare berhenti.

Memberikan tablet zinc. Pada anak dibawah umur 6 bulan, berikanlah dosis 10 mg (setengah tablet per hari). Untuk anak diatas usia 6 bulan, dosis yang tepat diberikan 10 mg (setengah tablet per hari). Anak di atas umur 6 bulan dosisnya 20 mg (1 tablet) per hari. Zinc diberikan selama 10 han berturut-turut, meskipun anak telah sembuh dari diare.

Cara pemberian tablet zinc dapat dilarutkan dengan air matang, ASI, atau oralit. Untuk anak-anak yang lebih besar, zinc dapat dikunyah atau dilarutkan dalam air matang atau oralit.

Berikan makanan untuk mencegah kurang gizi. Bila anak tidak mendapatkan ASI berikan susu yang biasa diberikan. Untuk anak kurang dan 6 bulan atau belum mendapat makanan padat, dapat diberikan susu. Bila anak 6 bulan atau lebih atau telah mendapat makanan padat berupa bubur yang dicampur dengan kacang-kacangan, sayur, daging, atau ikan. Tambahkan 1 atau 2 sendok teh minyak sayur tiap porsi. Sari buah atau pisang halus jangan lupa diberikan untuk menambah kalium. Bujuklah anak untuk makan, berikan makanan sedikitnya 6 kali sehari.

Jika tidak ada perubahan selama diare yang ditandai Buang air besar cair lebih sering ; Muntah ; Dehidrasi ; Demak dan Tinja berdarah maka bisa diteruskan ke layanan kesehatan terdekat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *