Launching thibbun nabawi di masjid Hamidun Kosim RSI Sultan Agung

Penanganan luka supaya lekas sembuh
February 6, 2019
Siswa SMK Medika belajar prosedur keperawatan di RSI Sultan Agung
February 12, 2019
Show all

Kebutuhan masyarakat akan pengobatan alternatif selain medis masih cukup tinggi. Salah satu yang dilirik masyarakat adalah thibbun nabawi atau pengobatan sesuai tata cara Nabi yakni menggunakan madu dan bekam.

Kini, masyarakat semakin dimudahkan mendapatkan pelayanan itu di Masjid Hamidun Kosim, yang berada di kompleks RSI Sultan Agung. Pada Jum'at (8/2) Thibbun nabawi dilaunching Dewan Pembina Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA), Drs. H. Ali Mufiz, M.P.A dihadiri oleh ahli akupunktur Prof Dr HD Haryoko Akp PhD ; Direktur Utama, dr. H. Masyhudi AM, M.Kes.

Masyhudi mengemukakan, disediakannya layanan pengobatan nabawi ini untuk memberikan pilihan kepada masyarakat dalam hal metode pengobatan penyakit.

"Tujuannya agar bisa bermanfaat, karena banyak juga masyarakat yang membutuhkan akupunktur, bekam maupun produk-produk herbal," ujarnya. Menurut dr. Masyhudi, pengobatan suatu penyakit bisa dilakukan dengan pengobatan nabawi. Kami berkeyakinan, thibbun nabawi sebagai bagian dari sunnah rasul bisa saling beriringan dengan pengobatan medis.

Bahkan, menurut prediksi dr Masyhudi, akupunktur sebagai pengembangan thibbun nabawi bisa dilaukan dokter spesialis untuk pengobatan penyakit tertentu.

Terkait dengan pengelolaan thibbun nabawi, dr Masyhudi memaparkan pengelolaannya di bawah takmir masjid, bukan layanan medis di rumah sakit. "Perizinannya juga bukan dari Kemenkes, melainkan dari asosasi pengobatan seperti akupunktur," katanya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.