Sultan Agung Diabetic Center

Diabetes Melitus

Gangguan pada sel pankreas yang fungsi utamanya menghasilkan hormon insulin. Kerusakannya akan meningkatkan kadar gula darah karena produksi insulin terganggu. Secara medis, gangguan tersebut tidak dapat disembuhkan dan membutuhkan terapi obat-obatan atau insulin seumur hidupnya. Tidak berlebihan bila sampai sekarang dikatakan, DM adalah salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Meski demikian, pengidap DM tetap berhak menjalani kehidupan yang sehat dan mandiri. Itulah yang diharapkan dari keberadaaan Sultan Agung Diabetic Center kepada para diabetisi-sebutan pengidap DM

Pelayanan

  • Konseling
  • Cemas, putus asa dan gelisah pasti pernah mendera para diabetisi. Bila tidak, kondisi tersebut akan memperparah risiko komplikasi lainnya. Itulah mengapa, kami juga melibatkan bagian Bimbingan Pelayanan Islami (BPI) untuk memberikan penyuluhan kerohanian yang berkaitan dengan motivasi untuk tetap survive.
  • Senam Kaki

Seperti yang sudah disampaikan, seorang diabetisi rawan terkena komplikasi penyakit penyerta lain. Salah satu komplikasi penyakit yang sering dialami adalah kelainan bentuk kaki (deformitas). Penyakit ini disebabkan adanya kerusakan pada beberapa saluran darah di bagian kaki. Bila tidak segera tertangani, seseorang pengidap DM yang mengalami luka, maka luka sulit untuk kering.
Salah satu cara untuk mencegah ini , diabetisi disarankan untuk rajin melakukan senam kaki. Senam kaki ini memang bisa dilakukan sendiri di rumah atau bersama-sama dengan sesama diabetisi di RS. Untuk memfasilitasi ini. Sultan Agung Diabetic Centre menyediakan tenaga fisioterapis untuk memandu diabetisi yang ingin melakukan senam kaki di RSI Sultan Agung.

Memberikan program diet pada diabetisi dengan bekerjasama bersama Instalasi Gizi RSI Sultan Agung.

  • Monitoring gula darah
  • Diabetisi yang datang di Sultan Agung Diabetic Center akan mendapatkan pemeriksaan glukosa darah rutin sepanjang har dengan menggunakan monitor glukosa darah.
  • Komunitas Diabetes Melitus Untuk mempererat jalinan silaturahmi antar diabetisi sekaligus sebagai sarana sharing perkembangan yang terjadi di dunia kesehatan khususnya yang berkaitan dengan diabetisi, Sultan Agung Diabetic Center menyelenggarakan senam diabetes sehat di depan gedung MCEB setiap hari Jum ’at mulai pukul 07.00 WIB s.d selesai free. Anggota komunitas DM Sultan Agung Diabetes Center juga akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai pelaksanaan seminar atau edukasi lain.

8 Comments

  1. Saryadi says:

    Daftar

  2. Mukhidm says:

    Ass.wr.wb mau tanya soal daftar onlend kok susah ya atas nama.bpk.susilo alamat sendang indah RT05 RW02

    • admin says:

      Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Bapak Mukhidm terimakasih atas pertanyaannya. Kesulitannya dimana ya pak ? Silahkan menghubungi hotline pendaftaran kami di 0811-2698-266. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam sehat selalu.

  3. Lutfi Rizqiyyah says:

    Assalamualaikum, selamat sore.. apakah di RSI Sultan Agung untuk perawatan penyakit Diabetes bisa dilakukan dengan menggunakan Kartu BPJS JKN KIS?

    • admin says:

      Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Bapak Lutfi RIzqiyyah, terimakasih atas pertanyaannya. Insya Allah perawatan diabetes melitus bisa dilayani di klinik sepsialis penyakit dalam. Jadwalnya setiap hari Senin s.d Sabtu mulai pukul 09.00 WIB. Mengenai persyaratan JKN BPJS a.l : kartu, rujukan dari PPK pertama atau RSUD (jika dari luar kota Semarang) dan identitas (KK atau KTP). Semoga informasi ini bermanfaat. Salam sehat selalu. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *