Sultan Agung Pain Center

Unit pelayanan kesehatan di RSI Sultan Agung yang berfokus pada pengurangan frekuensi nyeri dan intensitasnya.

Nyeri merupakan ketidaknyamanan karena ada sebuah kerusakan dalam jaringan tubuh. Otomatis, hal itu membuat seseorang terganggu dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari misalnya : bekerja, berinteraksi sosial dengan masyarakat dsb. Yang perlu dikhawatirkan, masyarakat awam sering menggunakan obat-obatan yang dijual bebas sebagai pereda nyeri. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut bila dikonsumsi berkepanjangan, akan menyebabkan kerusakan organ tubuh bagian dalam.

Jadi, penanganan nyeri bukanlah dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran melainkan harus melakukan intervensi tindakan yang melibatkan Dokter Spesialis Anestesi, Saraf dan terapis lain untuk menurunkan tingkat rasa nyeri sekaligus membantu mengembalikan kualitas hidup.

Penatalaksanaan pengurangan nyeri

  1. Melalui injeksi obat-obatan tertentu di titik picu nyeri (trigger point) atau di persendian (intra artikuler) dengan panduan USG
  2. Berikutnya dengan radiofrequency di titik saraf tertentu yang menjadi asal muasal dan penyebaran nyeri dengan panduan alat c-arm atau USG untuk menjamin akurasi.

Jadwal Dokter Sultan Agung Pain Center

dr.Hj Ken Wirastuti, M.Kes, Sp.S

dr. Said Shofwan, Sp.An

dr. Wignyo Santosa, Sp.An

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *