Membersamai diabetisi supaya selalu menjalani hidup sehat.
 
 
Menjaga keberlangsungan seorang diabetisi untuk tetap hidup sehat dan bermakna di masyarakat


 
 

Mari kita mengenali Diabetes Melitus (DM). Dalam organ tubuh kita terdapat pankreas yang fungsi utamanya menghasilkan hormon insulin. Fungsi insulin adalah mengatur kadar gula dalam darah. Insulin bisa terganggu atau rusak jika kita tidak bisa mengontrol masuknya makanan atau minuman yang berkadar gula tinggi. Jika pankreas ini terganggu, kerusakannya akan meningkatkan kadar gula darah karena produksi insulin terganggu. Secara medis, gangguan tersebut tidak dapat disembuhkan dan membutuhkan terapi obat-obatan atau insulin seumur hidupnya.

Tidak berlebihan bila sampai sekarang, DM, oleh para dokter atau ahli mengatakan sangat sulit atau belum ada obat yang diyakini menyembuhkan. Para dokter atau ahli kini aktif memikirkan supaya para diabetisi (sebutan penderita DM) tetap sehat meski ada kekurangan dalam tubuhnya.

Banyak sekali kiat yang ditawarkan oleh para ahli atau dokter di Sultan Agung Diabetic Melitus Center untuk membuat diabetisi menjalani kehidupannya dengan bahagia. Di Sultan Agung Diabetic Melitus Center kita melakukan terapi pengobatan untuk membuat mereka menjaga kualitas hidupnya. Kita juga melakukan upaya lain diluar non medis kepada para diabetisi supaya tetap kompak dan menjalani kehidupan dengan penuh semangat. Semisal menggandeng atau membentuk komunitas diabetisi di RSI Sultan Agung. Aktif menyelenggarakan seminar untuk diabetisi.



 
 
5 pilar pengelolaan diabetes melitus


Edukasi

Perluaskan wawasan secara terus menerus tidak hanya berhetnti konsumsi gula. Tapi ketahuilah pencegahannya.

Perencanaan makanan

Pertahankan 3 J : Jadwal Makanan yang tepat, Jumlah asupan yang pas dan Jenis makanan yang sesuai.

Cek gula darah

Lakukan pemantauan kadar gula darah secara mandiri dan HbA1c seiap 1 s.d 3 bulan sekali.

Aktivitas fisik

Harus aktif berolahraga seperti berenang, jogging, bersepeda secara teratur. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apa olahraga yang tepat

Obat-obatan

Disiplin konsumsi obat-obatan dari atau yang diberikan dokter.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *