Karakteristik kanker dalam tubuh


 

Kanker adalah berkembangnya sel-sel dalam tubuh yang tidak terkendali. Sel kanker bersifat cepat menyebar ke organ vital. Musababnya kerusakan pada DNA sehingga mengakibatkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Para pakar masih berpendapat apa yang bisa menyebabkan mutasi tersebut. Tapi banyak yang berpendapat karena agen kimia ataupun fisik yang umum dikatakan karsinogen.

Munculnya satu sel kanker dalam proses yang relatif lama. Ditandai dengan penumpukan perlahan sel-sel yang telah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Jadi ada yang dikarenakan faktor eksternal ; radiasi bahan kimia ; ultraviolet ; karsinogen. Sedangkan faktor internal adalah kegagalan kesalahan penyusunan kembali sel dalam tubuh.



 
Pusat tindakan terapi pasien kanker


Kemoterapi

Merupakan pemberian zat atau obat sitotastik secara tertentu kepada penyintas kanker.

Tips bagi penyintas kanker pasca dilakukan kemoterapi adalah banyak konsumsi daging, sayuran : bayam, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Kacang-kacangan semisal kacang polong, kacang panjang dan almond. Kuning telur, buah-buahan dan puding. Sebaliknya, makanan yang berbumbu tajam, alkohol, rokok makanan yang dibakar atau makanan instan berpengawet dianjurkan untuk dihindari.

Pembedahan

Dilakukan pada stadium dini : mastektomi simple, radikal mastektomi, mastektomi radikal modifikasi dan Breast Conserving Surgery(BCS). Stadium lanjut lokal : perlu radioterapi, kemoterapi atau diteruskan mastektomi.



 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *