Kita berupaya menyediakan fasilitas utama untuk operasi termasuk urologi yang mengurusi bagian kencing. Saluran kencing itu dimulai dari ginjal, ureter, kandung kencing.
 
Layanan medis dan tekhnologi terkini penanganan kasus Urology


Kita masih dihadapkan pada problematika batu ginjal. Di Indonesia, menjadi tingkat kejadian tertinggi pada penyakit-penyakit saluran kencing, entah itu batu ginjal, ureter, maupun kandung kemih. Di masa silam, prosedur bedah untuk mengangkat batu ini cukup menyakitkan dan sangat tidak nyaman bagi pasien. Namun, lewat teknologi canggih, batu bisa dikeluarkan atau dihancurkan melalui prosedur ESWL.

Extracorporeal Shock Wave Lithoripsy (ESWL) merupakan terapi non-operasi yang sama-sama tujuannya memecahkan batu tanpa memasukkan alat ke dalam tubuh, tanpa pembiusan, serta pasien bisa langsung pulang setelah prosedur ini.

Cara kerja ESWL dengan memecah batu dengan gelombang kejut (shock wave). Gelombang kejut ini ditransmisi dari luar tubuh. Dalam proses singkat, kurang lebih satu jam, ESWL menghancurkan batu menjadi serpihan kecil yang akan keluar bertahap bersama air seni.



Foto tindakan ESWL


Prof DR Dr H Rifki Muslim, Sp.B, Sp.U


Spesialis Bedah Urologi

dr. Ahmad Sulaiman Lubis, Sp.U


Spesialis Bedah Urologi

dr. Herinto Himawan, Sp.U


Spesialis Bedah Urologi

Edukasi dokter Sultan Agung Urology Center

Hubungan antara U.T.I - batu dan terjadinya gagal ginjal

12 Comments

  1. Aini says:

    Assalamu’alaikum
    Jadwal buka poli urology setelah lebaran tanggal berapa nggih ??
    Terima kasih

    • admin says:

      Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Aini, terimakasih pertanyaannya. Insya Allah semua dokter Sultan Agung Urology Center kembali aktif 10 Juni 2019. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *