Leptospirosis yang mengintai di tengah intensitas hujan tinggi.

Atur pola makan supaya tidak sebabkan hipertensi
January 16, 2019
Pelajar belajar Bantuan Hidup Dasar
January 21, 2019
Show all

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia sampai seminggu mendepan. Kondisi itu berpotensi sebabkan banjir. Dalam skala kecil atau besar, banjir lebih banyak merugikan. Dari sisi kesehatan, genangan air berpotensi simpan bahaya laten. Yaitu persebaran bakteri leptospira yang berujung penyakit leptospirosis.

"Bakteri ini masuk ke dalam manusia lewat kontak selaput lendir mata , hidung yang lecet dari air, tanah atau tanaman yang telah dikotori oleh air seni hewan penderita Leptospirosis." kata Siti Arofah,SKM dari Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSI Sultan Agung belum lama ini.Bakteri ini juga bisa masuk lewat makanan yang terkontaminasi urin tikus atau hewan yang terinfeksi.

Gejala awal penyakit leptospirosis, seseorang akan mengalami demam tinggi, menggigil, sakit kepala, lesu atau lemah dan rasa nyeri otot di sekujur badan.

Dilanjtkan masa inkubasi selama 4 s.d 19 hari mulai timbul komplikasi pada organ badan tertentu. Pada jantung berdebar tidak teratur, alami pembengkakan. "Bakteri ini juga menyerang paru-paru yang sebabkan batuk berdarah. Bila tak tertangani sebabkan kematian." jelasnya.

"Waspadai juga pada kasus kehamilan, karena bakteri ini bisa menyebabkan keguguran, prematur, bayi lahir cacat dan lahir mati."Sambungnya.

Agar kita tidak terpapar dengan lepstospirosis, membiasakan dengan perilaku hidup bersih sehat (phbs). Menyimpan makanan dan minuman dengan baik agar terhindar dari tikus. Sebelumnya, biasakanlah cuci tangan dan kaki. Di rumah, carilah tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang tikus. Lakukanlah desinfeksi terhadap tempat tersebut.

Dalam hal ini, Siti Arofah menganjurkan Pemerintah atau pemilik perusahaan untuk melindungi pekerjanya seperti petugas kebersihan, petani, petugas pemotong hewan dan lain-lain untuk menggunakan sepatu bot atau sarung tangan saat bekerja di musim penghujan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *