Lesson learn Syariah 2 RS Di RSI Sultan Agung

RSI Sultan Agung yang telah menjadi RS berprinsip Syariah beberapa tahun lalu, menjadi inspirasi Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Temanggung dan RSUD Sukadana Lampung Timur. Keduanya berkeinginan segera menjadi RS dengan prinsip Syariah.
Lesson learn kali ini merupakan yang pertama di tahun 2019. Kedatangan dua RS disambut oleh Dirut dr H. Masyhudi AM, M.Kes beserta segenap jajarannya. Dua RS bersemangat untuk mempelajari segala tahapan prosedur yang harus dilalui sebelum bertransformasi menjadi RS Syariah.
 
Proses "pembelajaran" tidak hanya berdasar pada dokumen saja. Melainkan juga bersifat aplikatif dengan mendatangi ruang perawatan untuk melihat SOP yang berkaitan RS Syariah. Semisal mengingatkan pasien sholat ; tuntunan berdoa ; prosedur tayamum dst.
Di ruangan VVIP RSI Sultan Agung. Segala bentuk pelayanan harus bernafaskan dan sesuai prinsip syariat Islam. Manajemen mencanangkan beberapa gerakan yang wajib dilakukan oleh karyawan dan tenaga medis. Kita mencanangkan gerakan : RS Peduli Ibadah, membaca Al Qur'an, penambahan struktur dan fungsi layanan kerohanian dan sertifikasi gizi halal" ujarnya.
 
Bagi karyawan, manajemen RSI Sultan Agung juga membudayakan shalat berjamaah, tepat waktu, menghormati majelis, meja bersih dan efisiensi. Untuk langkah berikutnya, kita membentuk tim sertifikasi, penyusunan dan implementasi standar dan instrumen, audit sertifikasi halal di instalasi gizi sampai kepada penyusunan pedoman, panduan RS berprinsip Syariah.