Libatkan keluarga untuk dukung Indonesia bebas TBC

Yang perlu kita lakukan untuk hindari penyakit kulit autoimun
March 15, 2019
Komitmen bersama perawat kurangi angka mortalitas SKA
March 27, 2019
Show all

Penyintas TBC yang enggan berobat ke layanan kesehatan karena persepsi pengobatan mahal menjadi pemicu naiknya angka kematian beberapa tahun belakangan ini.

Faktanya, pengobatan TB diberikan cuma-cuma alias gratis. "Kementrian Kesehatan RI memiliki program Directly Observed Tratment Short-course (DOTS). Meliputi pemberian obat-obatan yang bersifat jangka panjang (6 s.d 8 bulan) dan harus dihabiskan. Program tersebut dapat diakses secara cuma-cuma alias gratis" kata perawat senior RSI Sultan Agung, Sri Subekti dalam edukasi kesehatan sebagai peringatan TB sedunia 24 Maret lalu.

Masalah lain yang memerlukan perhatian khusus adalah resistensi. Pengobatan TB memerlukan jangka waktu lama sehingga menimbulkan beban bagi pasien. "Pasien pun sering lupa minum obat bahkan ditinggalkan. Akibatnya bakteri dalam tubuh penyintas bisa berkembang lebih jauh dan resisten dari berbagai obat" ujarnya.

Disinilah peran keluarga sangat penting. Semangat dan kepatuhan penyintas untuk minum obat ditentukan oleh dukungan keluarga. "Anggota keluarga bisa menjadi Pengawas Menelan Obat (PMO) yang tugasnya mengingatkan saat lalai." katanya.

Keluarga, kata Sri Subekti juga bisa memberi dampak dampak pada masyarakat. Dengan anggota yang cukup banyak bisa menjadi duta kesehatan di lingkungan sekitar. "Bisa lewat arisan atau pertemuan warga untuk sosialisasikan bahaya TB" lanjutnya.

TBC adalah penyakit yang disebabkan bakteri Mycrobacterium tubercolosis. Kuman ini masuk media pernafasan dan menginfeksi menyerang berbagai organ terutama paru-paru. TB ini menjadi masalah serius. Berdasarkan data dari WHO, di Indonesia penyintas TBC mencapai 1 juta. Tapi di tahun 2030 Indonesia menargetkan bebas TBC.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.