Liburan menyenangkan di musim hujan

Lensa mata picu infeksi berujung kebutaan
December 18, 2015
Malas berolahraga sebabkan jantung bengkak
December 25, 2015
Show all

holiday-bannerLibur telah tiba,libur telah tiba

Hore, hore, hore

Sepenggal lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik Tasya ini rasanya pas dengan apa yang kita rasakan sekarang ini. Ya sekarang ini kita memasuki liburan panjang hampir dua minggu. Mungkin sebagian sudah merencanakan akan pergi kemana kita ? Namun, melihat situasi terkini, dimana hujan sering terjadi dan hawa dingin mulai menyergap, mungkin kita akan berpikir dua kali jika akan bepergian. Meski demikian, bagi yang sudah terlanjur merencanakan liburan selama beberapa hari di luar kota, tetap jalani saja tapi dengan memperhatikan tips dari dr. Dosy Mudi Nurina dari RSI Sultan Agung.

Pertama, yang harus dilakukan menurut dr Dosy-demikian Ia akrab disapa-adalah mempersiapkan kesehatan fisik sebelum bepergian. “Kondisi fisik yang sehat akan mempengaruhi performa tubuh saat bepergian. Dengan fisik yang terjaga, tubuh akan terasa lebih bugar dan bersemangat saat melakukan aktivitas” ujarnya.  Sediakan juga kotak P3K yang telah terisi dengan obat-obatan, seperti obat nyeri kepala, obat flu, obat diare, dan vitamin yang bisa diminum sewaktu waktu terjadi keluhan saat berpergian.

Hal kedua, menurut perempuan yang lahir di Semarang ini-adalah mempersiapkan pakaian hangat, jaket, minyak kayu putih atau minyak telon yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi diri dari sergapan udara dingin. “Pakaian yang tipis tidak direkomendasikan di musim dingin terlebih ketika berpergian. Pakaian hangat dapat membantu mencegah terjadinya hipotermia, yaitu suhu tubuh turun di bawah 35oC. Hipotermia ini bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh.” tegasnya.

Ketika traveling, dokter yang sehari-hari bertugas di Unit Gawat Darurat RSI Sultan Agung ini tetap menghimbau untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Saat tiba di tempat tujuan, hindarilah membeli makanan cepat saji karena bisa memicu sakit perut, kelelahan dan mengantuk jika dikonsumsi berlebihan. Jika memang dirasa sulit untuk mencari makanan yang sehat, membawa bekal yang telah dbuat sendiri bisa menjadi salah satu alternatif, karena selain sehat juga higienis. “Usahakanlah  penuhi gizi seimbang agar tubuh tetap fit” lanjutnya.

Khusus makanan ringan atau kudapan, dr Dosy menekankan untuk memilih makanan yang rendah gula, rendah lemak jenuh dan tinggi serat. Contohnya buah-buahan, salad, sereal, keju atau yogurt. Cemilan yang asin tidak direkomendasikan karena bisa membuat dehidrasi. Adapun untuk minuman, dr Dosy menganjurkan memilih air jahe atau jeruk hangat untuk menjaga kondisi tubuh. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Cuaca yang dingin menjadi alasan sehingga banyak orang malas minum. “Rajin minum air putih itu banyak sekali manfaatnya, antara lain bisa membilas racun di organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan tubuh” lanjutnya.

Di sela-sela bepergian, dokter yang juga hobi travelling ini berpesan untuk jangan lupa cuci tangan menggunakan sabun, terutama saat sebelum makan untuk menghindari bakteri dan virus jahat yang bisa masuk melalui mulut kita.

Terakhir, menurut dokter penyuka makanan tempe goreng ini, upayakan istirahat dan tidur yang cukup di sela-sela travelling.

Selamat berlibur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.