Mahasiswa Darussalam Gontor belajar manajemen halal di instalasi gizi

Tim RSI Sultan Agung layani warga terdampak gempa
October 15, 2018
Launching rumah tahfidz, siapkan generasi Qur’ani
October 30, 2018
Show all

Makanan menjadi kunci kesembuhan pasien. Terlebih jika pasien adalah seorang Muslim. Makanan yang masuk kedalam perutnya harus terjamin kehalalannya terbebas dari babi serta bahan najis lainnya.

Di RSI Sultan Agung, tugas itu dilaksanakan oleh instalasi Gizi. Di Instalasi itulah makanan dan minumuman yang akan disajikan telah dipastikan disertifikasi kehalalannya oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-oNatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia).

Proses menyajikan makanan itulah yang ingin dipelajari Mahasiswa Darussalam Gontor belum lama ini. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Instalasi Gizi, Harini Diestiana, S.Gz, RD belum lama ini.

Harini, kepada mahasiswi Darussalam Gontor lantas memaparkan kebijakan halal bagi pasien selama perawatan dan pengobatan di RSI Sultan Agung.

"Pasien dan keluarga pasien hanya diperkenankan mengkonsumsi makanan dan minuman halal yang disediakan oleh Instalasi Gizi RSI Sultan Agung." ujarnya.

Peralatan yang digunakan untuk memasak atau menyajikan juga menjadi tanggung jawab instalasi gizi. "Peralatan yang digunakan di RSI Sultan Agung harus bebas dari bahan babi dan turunannya serta bahan najis lainnya." tambahnya.

Para mahasiswi Darussalam Gontor juga berkesempatan melihat proses penerimaan makanan di Instalasi Gizi. Dalam tahapan ini, supplier akan menyerahkan bahan sesuai pesanan dan spesifikasi. Barang yang telah diserahkan , kata Harini akan ditandai oleh petugas. "Saat proses ini, bagian administrasi akan menandai dengan label halal pass. Penanda ini menunjukkan bahan makanan atau minuman telah disetujui LPPOM MUI. Atau ditempeli stiker "Hold" jika bahan makanan yang penggunaannya ditunda terlebih dahulu sebelum mendapatkan persetujuan LPPOM MUI." katanya.

Jika bahan makanan tidak mendapat persetujuan LPPOM MUI, maka ditempelkan label "reject".

Bahan yang sudah terverifikasi MUI ini selanjutnya akan diolah sesuai dengan siklus menu dan mengacu pada standar bumbu, resep dan porsi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *