Mahasiswa Promosi Kesehatan FKM UNDIP ajarkan cuci tangan yang benar

Perawatan Mata Pasca Operasi Katarak
August 5, 2015
Bijak memberi Antibiotik untuk Anak
August 7, 2015
Show all

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran dalam perilaku hidup bersih dan sehat,Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) peminatan  Promosi Kesehatan UNDIP  melakukan edukasi mengenai cuci tangan yang benar.

“Mencuci tangan dengan sabun adalah cara paling efektif untuk mencegah penyakit diare dan ISPA yang keduanya menjadi penyebab utama kematian pada anak-anak. “ ujar Annisa, salah seorang mahasiswa FKM UNDIP. Kebersihan tangan juga  penting karena tangan merupakan kontak pertama  tubuh kita.

Kepada puluhan pengunjung RSI Sultan Agung Nisa menerangkan satu persatu langkah dengan rinci. Gerakan pertama yaitu menggosokkan  kedua telapak tangan. Dilanjutkan,telapak kanan di atas punggung tangan kiri dan bergantian.

“Setelah itu, mengaitkan  telapak dan jari. Dalam posisi ini, letakan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci, jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya. Terakhir, pegang pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya gerakan memutar” lanjutnya.

 

Walaupun hanya memakan waktu sekitar 30 menit, kegiatan penyuluhan tersebut terasa ceria dan menyenangkan. Di harapkan  para  pengunjung mengerti  cara mencuci tangan dengan tekhnik yang benar.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan cuci tangan? Menurut Annisa, sebelum dan sesudah makan untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh saat kita makan. Setelah buang air besar Juga sebelum dan sesudah bertemu dengan seseorang di Rumah Sakit, supaya bebas kuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *