Meminimalisasi infeksi parasit sarcoptes scabies di lingkungan keluarga

Prinsip pengelolaan najis dalam laundry sesuai prinsip Syariah
February 20, 2019
Dua RS lesson learn Syariah di RSI Sultan Agung
February 24, 2019
Show all

Seorang anak dengan insial M datang dengan keluhan gatal semakin bertambah pada malam hari di sela-sela jari tangan kanan dan kiri. Juga pada siku kiri. M juga mengeluhkan demam di sekujur tubuhnya.

Bercak kemerahan yang muncul di kulit, oleh M sering digaruk. Akibatnya keluar seperti cairan jernih.

Semakin lama cairan tersebut berubah menjadi keruh. Dan kemudian menjadi koreng.

Kepada dr.Hesti W. Karyadini, Sp. KK dari RSI Sultan Agung, M menjelaskan beberapa kebiasaan yang dilakukan di rumah. Antara lain mandi sehari 2 kali dengan sabun padat dan handuk kadang bergantian dengan temannya.

Gejala itu menunjukkan penyakit scabies. Atau penyakit kulit yang disebabkan oleh infestasi dan penetrasi tungau parasit Sarcoptes scabies var. Hominis ke dalam epidermis.

Sebaiknya kita perlu waspada dengan scabies. Diperkirakan angka kejadian di Indonesia masih tinggi. Menurut Departemen Kesehatan Ri 2008, prevalensi skabies di Indonesia sebesar 5,60 – 12,95 % dan skabies menduduki urutan ketiga dari 2 penyakit kulit terbanyak.

Cara penularan skabies dengan kontak langsung (kulit dengan kulit) seperti saat kita berjabat tangan ; tidur bersama dan hubungan seksual. Kontak tidak langsung melalui benda , pakaian, handuk, sprei, bantal dsb.

Jenis skabies yang umum terjadi adalah skabies norwegia ditandai adanya dermatosis berkrusta pada tangan dan kaki, kuku yang distrofik, serta skuama yang generalisata. Bentuk ini sangat menular.

Skabies nodular . Sering terjadi pada bayi atau anak, atau dengan pasien imunokompremens.

Skabies pada orang bersih (scabies of cultivated) ; incognito ; ditularkan melalui hewan ; pada bayi dan anak dan terbaring di tempat tidur (bed ridden).

Menghindari skabies bisa dilakukan oleh semua anggota keluarga atau seisi rumah yang kontak dengan penderita harus diperiksa dan bila menderita skabies diobati bersamaan agar tidak terjadi penularan kembali. Semua baju dan alat tidur dicuci dengan air panas.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.