Mengembangkan partisipasi masyarakat untuk ubah perilaku jauhi penyakit

Kenali tanda sakit pada bayi baru lahir
November 12, 2018
Pahami karakteristik serangan jantung dan penanganannya
November 14, 2018
Show all
 

Tahukah kita, memburuknya kesehatan yang berujung pada kematian, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah perilaku kita.

Bagaimana kita "membaliknya" ? Maksudnya perilaku tersebut jangan dijadikan alasan untuk terjerumus dalam sebuah penyakit. Cara yang dilakukan adalah dengan mengubahnya. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) Ada 3 perilaku sehat yang saat ini semakin dijauhi oleh seseorang dalam usahanya menjaga kesehatan. Antara lain konsumsi makanan tak berserat, merokok dan malas beraktivitas.

Jika kita tidak ingin sakit, maka baliklah 3 kebiasaan tak sehat itu dengan rajin konsumsi serat, jauhi rokok dan olehraga. Sakit disebabkan oleh stimulus aktivitas organisme atau individu.

Masyarakat pun memegang peranan penting. Proses interaktif dengan masyarakat yang terintegrasi dengan seluruh program untuk kembangkan pesan yang disusun dengan sesuai dan pendekatan dengan variasi saluran komunikasi untuk kembangkan perilaku positif, promosikan perubahan perilaku individu, komunitas dan pertahankan perilaku yang tepat.



 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.