Meningkatkan kesejahteraan warga lewat pelatihan ekonomi kreatif

Panduan puasa tetap sehat dan bertenaga
May 15, 2019
Pentingnya membaca label kemasan pangan parcel lebaran
May 24, 2019
Show all

Berada di wilayah yang secara ekonomi menguntungkan, tapi penduduknya belum tergali potensi secara maksimal. Seperti itulah kondisi warga Terboyo Kulon Genuk. Setiap hari ada ribuan peziarah yang memadati masjid dan makam Syeh Jumadil Kubro. Sejatinya, ada banyak potensi ekonomi kreatif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan taraf pendapatan masyarakat seperti kerajinan kayu, makanan ringan seperti kerupuk dsb.

RSI Sultan Agung mendapati potensi yang belum maksimal perlu melakukan pendampingan kepada daerah yang notabenenya masih bertetangga. Lewat pelatihan kerupuk dan pemberian beasiswa anak sekolah.

"Potensi luar biasa dengan adanya makam Syekh Jumadil Kubro. Setiap hari bisa dilihat lokasi itu dikunjungi sejumlah bus, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi warga setempat" lanjut Dirut dr H Masyhudi AM, M.Kes dalam ceremony program kerjasama kampung sejahtera (PKS) di kantor kelurahan Terboyo Kulon.

Lanjut dr Masyhudi, ini bentuk kepedulian rumah sakit kepada warga, terutama di Terboyo Kulon. Program ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dengan tiga pilar. Yakni ilmu (pendidikan), rezeki (pemberdayaan ekonomi) dan kesehatan.

Sementara itu, Camat Genuk, Ali Muhtar mengapresiasi program tersebut. Dia menyebut, wilayah Terboyo Kulon hanya dihuni sekitar 167 Kepala Keluarga dengan 615 penduduk.

Mata pencaharian warga setempat sebagian besar petani tambak. Karenanya, pelatihan-pelatihan yang mengarah kepada UMKM dinilai sangat bermanfaat.

"Kami berharap, bantuan ini mampu mengangkat taraf hidup warga. Dengan pelatihan semacam ini, warga bisa membuat sesuatu yang bisa dijual, karena sebetulnya wilayah di sini memiliki potensi besar, terutama wisata religi," kata Ali.

Pelatihan kerupuk, RSI Sultan Agung mendatangkan ahli yang sudah berpengalaman serta diikuti dengan praktek langsung.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *