Momentum survey Istiqomah bangkitkan RS Syariah

Kerinduan ummat Islam untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berbasis Syariah dalam waktu dekat akan segera terwujud. Adalah asosiasi Rumah Sakit (RS) Islam se-Indonesia yang menamakan Majelis Syuro Upaya Kesehatan Islami (MUKISI) yang berusaha keras mewujudkannya. Tekad ini disampaikan oleh ketua Divisi Sertifikasi Syariah MUKISI, dr. Sagiran, Sp.B dalam forum survey istiqomah sertifikasi RS Syariah di RSI Sultan Agung belum lama ini.

"Kita targetkan, 50 RS Syariah berdiri di akhir tahun ini. Upaya yang kita lakukan adalah mengkampanyekan pentingnya layanan RS Syariah di tiap daerah. Kami juga berupaya menjalin komunikasi dengan manajemen rs lain untuk memantapkan konsep Syariah." katanya.

Upaya itu juga dibarengi dengan memperbanyak assesor RS Syariah (tim penguji kompetensi) di masing-masing wilayah. Dengan demikian lanjut dr. Sagiran memungkinkan mempercepat proses sertifikasi RS Syariah.

Nantinya asesor siap melakukan assessment kepada calon RS Syariah yang kemudian akan memunculkan rumah sakit-rumah sakit syariah baru. "Insya Allah kita optimis mengejar target 50 rumah sakit yang tersertifikasi syariah dalam tahun ini” tambahnya.

Sementara itu, dalam survey istiqomah, MUKISI yang merupakan mitra DSN MUI yang melakukan pemantauan jalannya layanan Syariah memberikan penilaian RSI Sultan Agung telah melaksanakan konsep dengan bagus. Hanya saja, menurut dr Burhanuddin MARS ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam implementasinya. Ada beberapa hal yang sudah bagus tapi menurut kami perlu ditingkatkan pelaksanaannya seperti pemberian informed consen bagi pasien yang akan diberikan obat-obatan tertentu, doa bagi pasien di instalasi farmasi dan blocking jadwal di ruang operasi ketika waktu sholat" ujar pria yang menjabat sebagai ketua MUKISI.

Dr Burhan menyampaikan, banyak improvement yang dilakukan RSI Sultan Agung dalam satu tahun pasca menerima sertifikat. Hal itu bisa dilihat dari perkembangan aspek teknologi informasi.

Lalu, ia juga menyampaikan harapan agar menjadi teladan dalam tumbuh kembang rumah sakit syariah di nusantara dan menjadi motivator terdepan untuk gerakan Dirut RSI Sultan Agung, dr. H. Masyhudi AM, M.Kes menyambut baik survey istiqomah karena merupakan proses pemantauan supaya layanan kesehatan di RSI Sultan Agung berjalan dalam koridor Syariah.