Obesitas tak selamanya menggemaskan. Tapi juga bisa berbahaya

Selagi muda, hindari nyeri lutut mulai “now”
December 12, 2017
Gerak (dan terus) bergerak untuk berdamai dengan diabetes
December 18, 2017
Show all

Melihat anak kecil yang gemuk memang menggemaskan. Tapi apakah yang gemuk nan menggemaskan itu selalu sehat ? Tunggu dulu. Kegemukan pada anak yang biasanya terlihat dari wajah membulat, pipi tembem, leher relatif pendek, perut berlipat-lipat malah mengundang segudang bahaya.

“Beberapa masalah yang berpotensi muncul pada anak obesitas adalah DM type 2, sumbatan jalan napas pada saat tidur, hipertensi dan kekebalan tubuh sehingga anak mudah sakit” ujar dr Dian dari FK Universitas Islam Sultan Agung dalam sebuah sesi edukasi kesehatan belum lama ini.

Asupan makanan berlebihan dan tinggi kalori, kecenderungan mengkonsumsi makanan manis menyebabkan anak cepat lapar dan tidak bisa mengontrol nafsu makan disebut dr Dian menjadi penyebab obesitas pada makan. “Disamping itu, anak dengan aktifitas yang kurang karena kebiasaan mengakses gawai secara berlebihan juga ditengarai menjadi penyebab obesitas”paparnya.

Agar tidak berlanjut kepada sesuatu yang tidak diinginkan, lanjut Dian, orang tua perlu memberikan langkah pencegahan supaya terhindar obesitas. “Anak harus memiliki kesempatan waktu bermain atau beraktivitas fisik. Batasi waktu menonton gawai dan TV. Mengenai cara pemberian makanan, orang tua bisa menghindari pemberian minuman manis, jus dan susu berlebihan” lanjut dr Dian.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *