Pahami karakteristik serangan jantung dan penanganannya

Mengembangkan partisipasi masyarakat untuk ubah perilaku jauhi penyakit
November 13, 2018
Awas, anak bisa terkena DM, ini yang harus dilakukan orang tua
November 20, 2018
Show all
 
 

Memahami karakteristik jantung adalah upaya awal kenali serangan jantung. Berikut faktanya : Denyut jantung 60 s.d 100 kali per menit dengan memompa darah kurang lebih 70 cc darah per denyut atau 5 liter per menit. Jika dihitung sepanjang usia lebih 227 juta liter seumur hidup mengitari 100 ribu kilometer. Mendapat makanan dari pembuluh darah koroner.

Kasus yang ditakuti dan sebabkan kematian adalah serangan jantung. Bagaimana pencegahannya dan pertolongan pertama jika temukan kasus tersebut ?

Hal itulah yang disampaikan dr. Muhammad Ali Sobirin, Sp.PD, Sp.JP saat sesi program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) bagi peserta JKN BPJS.

Serangan jantung didahului dari aterosklerosis. "Merupakan proses penebalan lemak yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah"kata dokter Sultan Agung Eye Center dalam sesi prolanis.

Penebalan lemak itu di tingkat tertentu sebabkan gumpalan atau plak. Jika gumpalan plak tersebut pecah, terjadi trombosis yang ujungnya sebabkan serangkaian penyakit semisal stroke, penyakit jantung bahkan kematian.

Serangan jantung, disebabkan terhentinya pasokan darah ke otot jantung akibat tersumbatnya pembuluh koroner oleh gumpalan darah secara tiba-tiba yang dapat sebabkan kerusakan otot jantung.

Gejala serangan jantung, adalah Nyeri dada yang khas di belakang tulang dada dan dada sebelah kiri. "Rasanya seperti ditekan, atau ditindih dengan benda berat seperti diremas, dicekik dan terkadang menjalar sampai leher, rahang bawah, bahu, punggung. Pada beberapa orang, ada yang alami keringat dingin dan pucat" katanya.

Penatalaksanaan serangan jantung bagi awam, dengan A,B,C,D,E,F. A adalah pemberian Aspirin, B berarti betablockers dan blood pressures. Kurangi atau hindari Cholesterol dan Cigarettes (rokok). D adalah Diet. E : Education dan Excercise (latihan). Serta Fun dan Faith (kembali ke Agama). Ada 3 jenis tindakan yang akan dilakukan oleh dokter. Pertama, pemberian obat-obatan aspirin. Intervensi koroner dan operasi jantung.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.