Panduan puasa tetap sehat dan bertenaga

Penanganan aritmia kini bisa dilakukan di Sultan Agung Cardiac Center
May 12, 2019
Meningkatkan kesejahteraan warga lewat pelatihan ekonomi kreatif
May 20, 2019
Show all

Niat, menjadi syarat sah berpuasa. Dianjurkan juga untuk mempermudah melancarkan puasa kita jika dilihat dari sisi medis. "Niat bermanfaat sebagai ‘pengendalian’ oleh sistem saraf pusat. Selanjutnya memberikan perintah kepada hormon : sistem saraf ; jantung dan pembuluh darah ; sistem pernafasan untuk mennurunkan aktivitasnya. Tubuh menjadi hemat energi dan ototmatis kita lebih mudah jalani puasa.

Kiat ini disampaikan dr. Hj Minidian Fasitasari, M.Sc Sp.Gz dari RSI Sultan Agung. Selain niat, saat sahur juga menjadi kunci agar puasa lebih mudah dijalankan. Sahur menjadi deposit energi harian kita. Saat sahur jangan terlalu kenyang dengan memenuhi unsur gizi seimbang karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air. Hindari teh atau kopi dan jangan langsung tidur setelah sahur"katanya.

Dehidrasi juga harus dihindari. Bentuk dehidrasi yang sering dialami seorang yang berpuasa adalah nyeri kepala, capai, sulit konsentrasi. Sejatinya itu tidak membahayakan kesehatan, karena bisa dihindari dengan konsumsi air sebanyak 8 s.d 12 gelas per hari.

“Ginjal bisa menghemat dengan menurunkan produksi urin. Semenatara potensi kehilangan air tubuh dari nafas, keringat (terutama pada saat udara panas)” ujarnya.

Tips berikutnya, adalah ketika berbuka, dengan kurma atau sesuai sunnah Rasul. Tambahkanlah dengan minuman alternatif semisal air, susu, jus buah. Baru dilanjutkan, dengan makanan. Dr Minidian menambahkan, Lebih baik mengkonsumsi makanan berkuah (fluid-rich foods): soup, buah, sayur, mineral, vitamin.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.