Pedoman pemberian obat-obatan. Diingat lagi mungkin terlewat (2)

Pedoman pemberian obat kepada pasien. Langkah ke 4 biasanya terlewat.
August 28, 2019
Pengumuman Hasil Tes Psikologi Penerimaan Pegawai Bagian Keperawatan Rumah Sakit Islam Sultan Agung
September 6, 2019
Show all

 

Lanjutan dari postingan sebelumnya

  1. Pastikan bahwa pasien melihat obat yang diberikan. Hentikan segera jika pasien tidak mengenali obat (tidak sama dengan obat yang biasa diterima sebelumnya). Cek kembali resep obat. Dosis mungkin telah diubah dan diganti. Atau ada kesalahan dalam pemberian obat-obatan.
  2. Pastikan perawat memiliki data awal tanda-tanda vital, hasil laboratorium dan data pasien lainnya sebelum memberikan obat. Untuk mengetahui reaksi pasien terhadap obat. Data awal tersebut dapat dibandingkan dengan tanda vital, hasil laboratorium dan data pasien lain yang diambil setelah pasien menerima obat.
  3. Berikan penjelasan kepada pasien tentang efek samping obat dan lakukan tindakan pencegahan untuk menjamin keselamatan pasien. Seperti menaikkan sisi rel dan instruksikan pasien di tempat tidur sampai efek samping reda.
  4. Tetap bersama dengan pasien sampai semua obat ditelan (jika obat diberikan per oral). Ingatlah bahwa pasien memiliki hak untuk menolak pengobatan. Beritahu penulis resep jika hal ini terjadi.
  5. Buang obat-obatan dan perlengkapan yang digunakan untuk mengelola pemberian obat dengan cara yang benar. Jangan tinggalkan obat disamping tempat tidur pasien, kecuali diminta oleh dokter
  6. Cuci tangan sebelum tinggalkan ruangan pasien. 
  7. Dokumentasikan pada rekam pemberian obat bahwa telah dilakukan pemberian obat kepada pasien. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.