Pelajar SMP belajar Bantuan Hidup Dasar

Sebuah kejadian yang tidak dikehendaki sehingga timbulkan cidera fisik, mental dan sosial umum dikenal dengan kecelakaan. Kecelakaan ini tidak mengenal dimensi waktu dan tempat. Dimana dan kapan pun ini bisa terjadi. Orang awam seperti pelajar, yang berada di dekat korban , berkewajiban berikan pertolongan.
Di sekolah, banyak insiden yang berujung pada kegawatdaruratan. Apa saja ? Semisal tersengat listrik, luka bakar, trauma benda keras bahkan henti napas.
 
Kasus yang terkena luka bakar segera jauhkan dari sumber api. Lanjutkan dengan mematikan api di pakaian dengan berguling atau padamkan dengan kain basah. Ingat, jangan berikan mentega, kecap, minyak goreng pada luka bakar. Karena itu bisa sebabkan infeksi. Bersihkan luka segera.
Pada kasus henti napas, tim perawat RSI Sultan Agung memberikan petunjuk praktis yang bisa dilakukan oleh orang awam. "Saat ada seseorang yang alami henti jantung, maka kita bisa segera meminta bantuan pada tenaga medis atau ambulan terdekat. Jika diperlukan, orang awam terlatih bisa lakukan kompresi di dada korban"ujarnya. Dalam kesempatan itu, mas Eko mengenalkan tekhnik kompresi yang benar.