Pelayanan kesehatan berbasis syariah diminati mahasiswa MARS

RSI Sultan Agung layani Vaksin Internasional dan Jamaah Umroh
April 7, 2019
Akreditasi RS Pendidikan Utama RSI Sultan Agung
April 12, 2019
Show all

Mahasiswa Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Respati Indonesia (URINDO) Jakarta mendapat pengalaman baru tentang aplikasi pelayanan Islam di RSI Sultan Agung belum lama ini. Sinergi pelayanan berbasis syariah boleh dibilang baru yang tengah menjadi bahan diskusi di kalangan pelaku dunia kesehatan.

Ada beberapa hal yang mengemuka dari kunjungan tersebut. Semisal praktek konsep syariah, pembiayaan bagi pasien tidak mampu dan kiat eksis RS Syariah di era disrupsi. Satu persatu penjelasan itu disampaikan oleh Dirut dr H. Masyhudi AM, M.Kes yang didampingi jajaran Direksi lain dan manajemen.

Praktek konsep Syariah yang sudah berjalan adalah pelaksanaan bimbingan ibadah shalat , thoharoh bagi pasien oleh seluruh petugas RS.

Mengingatkan waktu sholat di seluruh ruang perawatan pasien dan pelaksanaan bimbingan spiritual. "Bagi karyawan RSI Sultan Agung kita juga menyiapkan program peningkatan spiritual. Semisal tahsin dan hafidz Al Quran, qiyamul lail yang kita adakan 3 bulan sekali dan doa pagi 2 kali dalam sepekan" kata dr Masyhudi AM, M.Kes.

Di RS yang berkonsep Syariah juga memiliki Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang tugasnya mengelola Zakat, Infaq dan Shodaqoh karyawan. Dari hasil pembiayaan ini, digunakan untuk membantu pasien yang alami kesulitan biaya.

Mahasiswa URINDO Jakarta juga berkesempatan melihat secara dekat proses implementasi Syariah di masing-masing unit. Di Instalasi Gizi, mereka berkesempatan melihat pengiriman , pengolahan sampai penyajian makanan dengan prinsip Syariah.

Di ruang perawatan VVIP, rombongan mahasiswa URINDO diperlihatkan petunjuk thoharoh bagi pasien yang diperagakan perawat dan form untuk mengingatkan ibadah sholat.

.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.