Pemenuhan kebutuhan air saat berpuasa

Konsumsi gula berlebihan sebabkan penyakit ini
April 25, 2019
RSI Sultan Agung gemakan pembelajaran hafal Al Quran
April 28, 2019
Show all

Asupan air pasti akan berkurang saat kita berpuasa Padahal air merupakan salah satu zat gizi makro esensial. Yang artinya air dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Supaya tetap sehat, air diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Sekitar dua pertiga dari berat tubuh kita adalah air.

Inilah alasan air perlu dipertahankan. Caranya dengan mengatur jumlah masukan air dan keluaran air yang seimbang. Presentase kadar air dalam tubuh anak lebih tinggi dibanding dewasa. Sehingga anak memerlukan lebih banyak air untuk setiap kilogram berat badannya dibandingkan dewasa.

Berbagai faktor dapat mempengaruhi kebutuhan air seperti tahap pertumbuhan, laju metabolisme, aktivitas fisik dan laju pernapasan.

Jika air tidak terpenuhi, gangguan terhadap keseimbangan air di dalam tubuh bisa meningkatkan resiko gangguan penyakit. Seperti konstipasi, infeksi saluran kemih dan gangguan ginjal akut.

Pemenuhan kebutuhan air dilakukan melalui konsumsi makanan dan minuman. Sebagian besar (dua pertiga) air yang dibutuhkan tubuh dilakukan melalui minuman. Air yang dibutuhkan sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari bagi remaja dan dewasa yang melakukan kegiatan ringan pada kondisi temperatur harian.

Saat puasa, usahakan memenuhi kebutuhan air saat berbuka dan puasa. Yang perlu diingat, tetap penuhi 8 gelas sehari. Air yang kita konsumsi juga harus aman dan bebas dari kuman penyakit.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *