Penanganan luka supaya lekas sembuh

Obat Generik, Obat Murah yang Dilupakan
February 1, 2019
Launching thibbun nabawi di masjid Hamidun Kosim RSI Sultan Agung
February 8, 2019
Show all

Kerusakan integritas pada jaringan kulit atau yang dikenal dengan luka harus segera ditangani. Langkah pertamanya memberikan perencanaan dan kajian tentang luka supaya siap tumbuh jaringan baru. Ada tiga standar perawatan luka. Mencuci, membuang jaringan mati dan memilih tropical theraphy.

Tujuan mencuci adalah menurunkan jumlah bakteri dan membersihkan dari sisa balutan lama. Mencuci ini juga sebagai persiapan luka sebelum dibalut. Secara psikologis, memberikan rasa bersih dan nyaman. Yang kudu diperhatikan, hati-hati dengan pemakaian antiseptik.

Jika luka sudah dipastikan dicuci dengan tekhnik yang baik, membuang jaringan mati dan nekrosis dari permukaan luka. Sel-sel yang telah mati juga turut dibuang.

Pada step ini, faktor yang menghambat penyembuhan luka disingkirkan secara bertahap sehingga proses penyembuhan akan berlangsung cepat. Kecepatan sembuh dan tidaknya luka dipengaruhi umur-pada orang tua lebih lambat- ; berat badan, apakah gemuk atau kurus ; status gizi ; dehidrasi ; perdarahan dan respons imunologi. Adanya penyakit kronis ; infeksi dan faktor lokal lain.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *