Pentingnya OT bagi pasien yang alami kesulitan bergerak.

Oestoporosis bisa dicegah saat usia muda.
February 9, 2018
Pelajar diminta yakinkan diri tak butuh NAPZA
February 21, 2018
Show all

Latihan dengan basis gerakan aktivitas sehari-hari menjadi pilihan utama bagi seseorang yang berada dalam masa penyembuhan dari sakit stroke, frozen shoulder (bahu beku), kondisi luka bakar, rematoid arthritis, fraktur (patah tulang). Latihan itu perlu dilakukan, supaya ketika berada di rumah, mereka mampu melakukan aktivitas dengan baik. Syukur bila tanpa bantuan orang lain.

Di rumah sakit (rs) latihan itu dikenal dengan occupational theraphy (ot). OT adalah bentuk latihan dengan dasar gerakan sehari-hari yang dilakukan di rs diperuntukkan bagi individu dalam masa penyembuhan penyakit. “Contoh yang kami lakukan di Sultan Agung Rehabilitasi Medik Center adalah meremas bola secara repetitif (berulang) untuk menambah kekuatan massa otot, memindahkan cone untuk menambah luas lingkup gerak sendi”. kata Sulis Setiyono, petugas OT RSI Sultan Agung dalam sebuah sesi edukasi.

Dengan latihan OT, kata Sulis, individu tersebut dapat mencapai kemandirian dalam aktivitas produktivitas atau pekerjaan, perawatan diri (selcare) dan memanfaatkan waktu luang (leisure).

Tidak hanya latihan

Cakupan OT tidak tidak hanya latihan saja di rs. Melainkan juga seperti “konsultan”. Petugas OT bisa memberikan masukan kepada seseorang tentang kondisi di rumah yang mungkin bisa menyebabkan kecelakaan. “Kita bisa memberikan analisa tentang lantai kamar mandi. Jika itu dirasa licin dan berpotensi sebabkan kecelakaan, kita bisa merekomendasikan ke tuan rumah” lanjutnya. OT juga bisa edukasi tentang langkah promotif , preventif, rehabilitatif kepada pasien dan keluarga terdekat.

OT untuk anak dengan kelebihan khusus

Anak-anak dengan gangguan perkembangan gangguan perilaku seperti autisme, keterlambatan perkembangan atau mental juga menjadi cakupan tuugas seorang OT.

Anak dengan kelebihan itu membutuhkan perhatian khusus dan ekstra.  Jika secepatnya ditangani oleh petugas OT, insya Allah mereka cepat beradaptasi dalam kehidupan sehari-harinya dan akademiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *