Penyalahgunaan obat, munculkan kesenangan semu tapi berdampak fatal

Pengumuman Hasil Tes Administrasi Penerimaan Pegawai Bagian Keperawatan RSI Sultan Agung
July 18, 2019
Mini Simposium Tata Laksana Acute Coronary Syndrom (ACS)
July 21, 2019
Show all

Obat adalah bahan tunggal atau campuran yang dipergunakan untuk bagian mencegah, meringankan, dan menyembuhkan penyakit baik di luar maupun dalam tubuh.

Melintasi perkembangan jaman, penyalahgunaan obat menjadi masalah yang dalam farmakologi. Bentuk penyaahgunaan obat antara lain : narkotik, penyalahgunaan obat penghilang rasa sakit. Penggunaan obat yang tidak tepat dapat menghasilkan efek ketergantungan atau psikologis terhadap obat,dimana seseorang akan menunjukan gejala putus obat ketika obat tidak lagi di berikan.

Jika sudah alami kecanduan, dampaknya mengganggu aktivitas sehari-hari karena hasrat yang tidak terkontrol untuk menggunakan obat lagi. 

Pola perilaku yang di tunjukan oleh seorang penyalahgunaan obat di antaranya,tidak mampu mempertahankan rutinitas kehidupan normal,tidak mampu menjaga kebersihan diri, hubungan keluarga hingga sosial mereka bermasalah di tambah dengan banyaknya masalah hukum. Dan yang paling penting,mereka menyangkal bahwa diri mereka sedang tidak memiliki masalah. 

Penyalahgunaan obat rentan terjadi pada seseorang dengan rutinitas tinggi. Karena mereka memandang dapat meningkatkan performa saat pertunjukan yang panjang. Beberapa obat yang masuk dalam daftar obat yang di salah gunakan : heroin, kokain, ganja, halusinogen dan inhalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.