Perawatan Mata Pasca Operasi Katarak

Metode CD4 yang belum terlalu familiar
August 4, 2015
Mahasiswa Promosi Kesehatan FKM UNDIP ajarkan cuci tangan yang benar
August 7, 2015
Show all

Katarak adalah gangguan kesehatan pada mata berupa kekeruhan pada lensa mata. Biasanya, katarak ditangani dengan fakoemulsifikasi. Yakni pengangakatan lensa mata yang telah keruh untuk kemudian digantikan lensa tanam (IOL). Sampai saat ini lebih dari 90 persen, fakoemulsifikasi berhasil memulihkan penglihatan dengan tingkat komplikasi yang rendah.

Pertanyaan selanjutnya, apa yang harus dilakukan pasca fakoemulsifikasi ? Dalam hal ini pasien berhak meminta surat rawat inap atau memperoleh surat keterangan sakit setelah operasi katarak. Pasca operasi diperbolehkan beraktivitas seperti biasa seperti membaca dan menonton TV. Bahkan diperbolehkann olah raga ringan . Meski demikian agar mata tetap nyaman serta tidak terpapar cahaya, dianjurkan memakai kacamata hitam.

Dokter biasanya memberikan  tetes mata untuk digunakan dalam jangka waktu sebulan. Sebelum meneteskan obat tetes mata, pastikan mata bersih.

Soal pantangan makanan, biasanya dokter tidak melarang jenis makanan apapun asalkan sesuai gizi seimbang. Untuk jadwal kontrol ke dokter, pasien perlu kembali untuk pemeriksaan mata sehari setelah operasi. Biasanya setelah 1 minggu dan 1 bulan setelah operasi. Tetap jalani jadwal kontrol ke dokter mata walaupun kondisi sudah membaik. Jangan raguuntuk berkosnultasi ke dokter bila mengalami nyeri, penglihatan memburuk, cairan mata berlebih dari mata yang dioperasidan timbulnya bayangan atau penglihatan secara tiba-tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *