Percepat kesembuhan pasien, dengan bantu antrekan kontrol

LASIK kini jauh lebih mudah, cepat dan tanpa rasa sakit
August 29, 2017
Show all

Semakin menghangatnya “kompetisi” antar institusi kesehatan di era sekarang ini membuat manajemen rumah sakit (rs) berlomba-lomba memikirkan terobosan agar dapat meningkatkan kepuasan pasien. Karena kepuasan pasien merupakan kunci memenangkan kompetisi antar rs.

Itulah yang mendasari manajemen RSI Sultan Agung mengadakan festival KAIZEN ke 3 kalinya. Istilah Kaizen berasal dari bahasa Jepang yang setidaknya berarti “merubah lebih baik”.

“Seluruh bagian wajib mengeluarkan inovasi yang muaranya adalah peningkatan kepuasan pasien” ujar Dirut RSI Sultan Agung , dr. H. Masyhudi AM, M.Kes saat memberikan sambutan.

Salah satu inovasi yang mendapatkan apresiasi dari Direksi RSI Sultan Agung selaku dewan juri adalah inovasi dari tim ruangan Firdaus. Inovasi dari ruangan Firdaus adalah meng-antrekan pasien sewaktu akan menjalani kontrol.

“Jadi, sesaat sebelum pasien pulang, perawat ruang Firdaus akan berkoordinasi dengan pihak pendaftaran guna membantu proses pendaftaran kontrol pasca rawat inap” papar kepala ruangan Firdaus Indah Setiani Ekawati, AMK.

Indah mengatakan, inovasi ini meningkatkan kepuasan pasien karena tidak harus menunggu lama saat pendaftaran kontrol. Secara kuantitas pun, Indah memaparkan ada peningkatan jumlah kunjungan pasien di ruang Firdaus.

“Dengan demikian, membantu proses penyembuhan pasien” tambahnya.

Atas inovasi tersebut tim Firdaus KAIZEN diganjar predikat “gunung emas”. Gunung emas merupakan predikat tertinggi dalam festival KAIZEN RSI Sultan Agung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *