Peringatan Hari Kanker Sedunia 2021

Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Penerimaan Pegawai RSI Sultan Agung Banjarbaru
January 8, 2021
Kunjungan SMK Al Anwar Rembang & Wakil Gubernur Jawa Tengah
March 1, 2021
Show all

Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day diperingati setiap tanggal 4 Februari. Perayaan ini merupakan wujud perhatian kepada masyarakat agar lebih sadar terhadap penyakit mematikan ini.

Hari Kanker Sedunia dirayakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dunia mengenai bahaya kanker. Diketahui, kanker merupakan masalah kesehatan yang kritis.

Walaupun begitu, setidaknya sepertiga dari penyakit kanker dapat dicegah. Sehingga perayaan Hari Kanker Sedunia diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien kanker yang meninggal dunia.

Perayaan Hari Kanker Sedunia dibentuk pada tahun 2000 dalam acara World Summit Against Cancer di Paris, Prancis. Tak jauh berbeda dengan Hari Kanker Sedunia, perayaan World Summit Against membahas tentang penelitian, pencegahan, peningkatan layanan serta kesadaran soal penyakit kanker.

Hari Kanker Sedunia 2020 memiliki tema ‘I Am and I Will’. Tema tersebut memiliki arti ajakan untuk segera bertindak mewakili kekuatan individu untuk memengaruhi masa depan. Tema Hari Kanker Sedunia ‘I Am and I Will’ telah diusung sejak tahun 2019 dan rencananya hingga tahun 2021.

Terdapat tanda dan gejala umum kanker pada seseorang. Sehingga, masyarakat bisa mencegah penyakit kanker sebelum menjadi lebih ganas. Pertama, berat badan yang turun secara drastis.

Ciri kedua gejala kanker adalah benjolan. Biasanya benjolan bisa muncul di berbagai tempat, seperti payudara, perut dan lainnya sehingga harus segera diperiksakan.

Hari Kanker Sedunia juga meminta agar masyarakat lebih waspada terhadap gejala kanker, seperti adanya pendarahan pada bagian yang tidak lazim. Contohnya, bagi wanita yang belum memasuki masa datang bulan tetapi mengalami menstruasi.

Keempat, adalah rasa nyeri yang menetap pada bagian tubuh tertentu. Serta, ciri yang terakhir adalah rasa lelah dan lesu yang tak kunjung hilang.

Penyelenggaraan Hari Kanker Sedunia disebut-sebut bisa menyelamatkan setidaknya 3,7 juta orang setiap tahunnya. Sebab, dalam perayaan tersebut terdapat informasi mengenai deteksi dini hingga pencegahan.

Selamat Hari Kanker Sedunia!

 

Sumber : DetikHealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *