Persatuan Ibu-Ibu Kereta Api PT KAI Daop IV Semarang diajak kenali gejala kanker

Penyakit yang masih terus dikaji oleh pakar kesehatan karena ke-misteriusannya adalah kanker. Dikatakan misterius karena bersifat laten dan banyak sekali diskusi tentang penyebabnya. Dr Reza Rahadian dari RSI Sultan Agung, mencoba memaparkan kanker di hadapan Persatuan Ibu-Ibu Kereta Api PT KAI Daop IV Semarang belum lama ini.
Dr. Reza mengutarakan beberapa potensi terbesar penyebab kanker datang dari lingkungan, makanan dan gaya hidup sehat. Lingkungan semisal pemakaian bahan kosmetika dengan kandungan radkal bebas melebihi ambang batas. Adapun faktor makanan berasal dari bahan pewarna, pengawet.
 
Karena para pendengarnya adalah ibu-ibu, dr. Reza Rahadian mengetengahkan berbagai tema kanker pada perempuan. Pada wanita, kasus kanker yang menonjol adalah payudara, serviks. Kanker payudara dikenali dari perubahan anatomi kulit payudara, adanya benjolan , puting susu terlipat ke dalam dan keluar cairan dari puting susu.
Salah satu hal yang ditakuti wanita, adalah kanker serviks. Untuk kenalinya, dr Reza menganjurkan mengenali gejala tertentu. Invasi sel-sel kanker pada rahim, dicirikan dengan menstruasi tak teratur dan sakit. Perdarahan setelah masa mati haid dan menopause, keputihan. Apabila sedang berhubungan intim, terasa perih di sekitar rahim.