Pertolongan pertama yang bisa dilakukan awam saat temui kecelakaan

Pengendalian TB dengan perlindungan pernapasan bagi petugas kesehatan
January 6, 2019
Makanan ini berpotensi dan jauhkan dari penyakit kanker
January 7, 2019
Show all

Jatuh terbakar terkena sengatan listrik adalah kecelakaan. Didefinisikan sebagai sesuatu yang tidak kita inginkan sebagai hasil interaksi berbagai faktor yang datangnya mendadak , tidak dikehendaki sehingga menimbulkan cedera fisik, mental ataupun sosial dinamakan kecelakaan.

Terjadinya sebuah kecelakaan dapat terjadi dimanapun dan kapanpun tidak selalu dekat dengan petugas kesehatan dan rumah sakit. Kita, yang berada di dekat kecelakaan berusaha semampunya melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. Ada 4 kategori penolong. Awam : semisal profesi guru, pelajar, mahasiswa dsb ; Awam khusus : Polisi, Pemadam Kebakaran yang terlatih ; Paramedis dan Dokter terlatih.

Pertolongan pertama kecelakaan tersebut berguna untuk mencegah kematian, kecacatan ; tidak memperburuk kejadian dan segera kembali ke masyarakat. Beragam kasus bisa muncul saat kecelakaan. Ada yang dinamakan cidera multipel pada kepala, dada, perut, lengan dan tungkai.

Awam terlatih diajari untuk menghentikan perdarahan dengan cara menekan tempat perdarahan dan meninggikan tangannya.

Bagaimana pertolongan pertama patah tulang ?

Periksa nadi, pasang bidai meliputi dua sendi dan periksa kembali denyut nadinya. Luka yang disebabkan paparan benda panas (air, lumpur, awan panas) ; zat kimia asam atau basa listrik dsb. Jauhkan dari sumber api, matikan api dengan berguling, kain basah dan lepas pakaian. Ingat jangan diberikan mentega, minyak kelapa atau pasta gigi.

Mimisan : Jangan panik ; posisikan penderita untuk duduk, pencet hidung dengan lembut selama 19 menit dan anjurkan bernapas dahulu lewat mulut.

Korban tenggelam bisa dilakukan dengan pertolongan membuka gangguan jalan napas dan resusitasi jantung paru.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.